Home > Tematik Integrated > REVOLUSI TEMATIK (bag. 1)

REVOLUSI TEMATIK (bag. 1)

November 11, 2014 Leave a comment Go to comments

Integrasi Istinsyaaq pada pembelajaran Pendidikan agama Islam, sains, penjaskes dan SBDP

(by : Miftahul Ulum, 11 Nopember 2014)

 

“Istinsyaaq adalah membersihkan lubang hidung dengan cara menyedot air pada lubang hidung lalu menyemburkannya kembali. Sekelompok peneliti dari Fakultas Kedokteran di Iskandariyah Mesir, bekerja sama dengan kelompok peneliti kesehatan dan obat-obatan melakukan penelitian untuk mengungkap hubungan antara ilmu pengetahuan dan aktivitas berwudhu. Hasil yang diperoleh adalah hidung bagian dalam yang tidak dibasuh umumnya berwarna pucat, berminyak, serat penuh debu dan kotoran. Di bagian bulu hidung umumnya rentan dihinggapi debu dan kotoran. Otomasis Hidung yang kotor tersebut ditemukan kumpulan mikroba dan bakteri. Padahal penyakit banyak tersebar melalui pernafasan, mulai dari influenza, radang paru-paru, kelumpuhan dan penyakit lainnya.”

(sumber : http: //juhaida.wordpress.com/2013/04/03/sholat-dan-sains /)

 

Istinsyaaq ketika berwudhu’ dapat dijadikan salah satu aktivitas khusus dalam mengambil nilai pembelajaran. Guru dapat menerapkannya pada penilaian dibawah ini :

 

Aspek pengetahuan :

  • Siswa dapat menyebutkan pengertian istinsyaaq (pengambilan nilai dengan lisan baik dengan rubrik ataupun tidak)
  • siswa dapat menjelaskan tata cara istinsyaaq yang benar secara terurut (pengambilan nilai dengan lisan baik dengan rubrik ataupun tidak)

 

Aspek keterampilan :

  • siswa dapat mempraktikkan tata cara istinsyaaq yang benar secara terurut sesuai petunjuk guru (guru mengambil nilai keterampilan ketika siswa melakukan istinsyaaq dengan criteria (terurut sesuai petunjuk baik dengan diingatkan, dibantu atau tidak, dll)
  • Siswa dapat mengumpulkan gambar berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan pernapasan atau hidung yang kotor akibat kurangnya menjaga kebersihan hidung dari Koran, majalah bekas atau internet dll, atau membuat bagan tentang jenis2 penyakit yang diderita karena kurangnya menjaga kebersihan hidung dari karton dll.

 

Aspek sikap :

  • guru dapat mengambil nilai percaya diri, dan disiplin anak dengan rubrik penilaian ketika melakukan aktivitas tanpa di ingatkan atau dibantu.

aktivitas dan penilaian diatas dapat di coba dan dikembangkan pada aktifitas lainnya.

SELAMAT BERAKTIFITAS

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: